Obat Tradisional Radang Tenggorokan Ampuh

Rasa sakit yang terjadi pada saluran pernafasan (tenggorokan) ialah salah satu tanda bahwa anda akan terserang penyakit radang tenggorokan (penyakit yang menyerang saluran pernafasan).

Penyakit radang tenggorokan banyak yang menganggap sepele dan tak bahaya, namun sebenarnya penyakit ini jika anda biarkan tanpa ada tindakan pengobatan, dapat berakibat membahayakan tenggorokan yang sangat fatal.

Pengertian radang tenggorokan jika diartikan secara medis adalah dimana kondisi atau bagian saluran pernafasan (tenggorokan) terinfeksi oleh bakteri jahat.  Bakteri ini akan menyebar dan menyebabkan tenggorokan anda iritasi, batuk gatal, susah untuk menelan, peradangan, dan biasanya suara akan menjadi serak.

A. Penyebab Seseorang Terkena Penyakit Radang Tenggorokan
Salah satu penyebab utama orang terinfeksi radang tenggorokan adalah terinfeksinya salurang pernafasan oleh bakteri Streptococcus Pyogenes, bakteri ini tergolong dalam kelompok bakteri streptokokus A.

B. Tanda-Tanda Seseorang Terkena Radang Tenggorokan dapat anda lihat dibawah ini:
  • Kelenjar getah bening  yang terdapat didalam leher yang membengkak
  • Tenggorokan akan terasa sangat sakit saat menelan, walaupun hanya ingin menelan air liur.
  • Timbul dan membengkaknya amandel disertai dengan warna merah. namun kadang tidak selalu merah namun bercak berwarna putih.
  • Merasakan sakit demam tinggi, orang yang terkena radang tenggorokan biasanya akan mengalami demam hingga suhu lebih dari 38o C.
  • Sakit kepala (kepala terasa nyut-nyutan)

Gejala yang tertulis diatas adalah gejala atau tanda-tanda yang paling sering terjadi sebelum anda terserang oleh penyakit radang tenggorokan, namun gejala diatas tak semuanya sama, bisa saja salah satu gejala yang ada diatas mengakibatkan penyakit lain.

Nah untuk anda yang sedang mengalami penyakit radang tenggorokan dan ingin mengobatinya secara alami, berikut adalah tips dan trik untuk mengobati radang tenggorokan secara alami atau tradisonal:

Sebelumnya catatan tambahan: jika radang tenggorokan jangan sesekali minum air es/dingin, kalau bisa usahakan minum air hangat, hal ini juga sangat baik untuk mengobati radang tenggorokan.

C. Obat tradisional radang tenggorokan ampuh

Wedang Jahe Plus Teh
Caranya adalah dengan memipihkan jahe yang berukuram sekitar 2 cm, lalu anda masukan jahe kedalam panci rebus dengan air segelas, gunakan air rebusan untuk membuat teh.
   
Menggunakan campuran bahan air, garam, dan kunyit untuk kumur
Cara menyembuhkan dengan bahan ini termasuk paling efecktif jika dilakukan, adapun caranya adalah dengan menyempurkan bahan seperti garam sebanyak satu sendok teh, sejimpit bubuk kunyit, dan air hangat dengan takaran 200 ml. gunakan ramuan ini untuk berkumur-kumur beberapa kali sehari.
   
Menggunakan Daun Kemangi
Ambil secukupnya daun kemangi, cuci bersih dan rebuslah daun dengan menggunakan air bersih segelas setengah, setelah air mendidih dan tinggal 1 gelas, minumlah rebusan air ini.
   
Rendaman Air Garam Yang Masih Hangat
Caranya adalah dengan menambahkan air hangat dengan setengah sendok makan garam dapur beryodium, kemudian aduk hingga garam dapur larut, gunakan air rendaman garam ini untuk kumur minimal sehari sekali.
   
Campuran Madu dan lemon
Cara selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi segelas air hangat dengan tambahan satu sendok makan madu dan air perasan lemon. Jika anda susah mendapatkan lemon, anda hanya perlu manambahkan madu kedalam segelas air hangat dan minum air tersebut. Untuk anak dibawah 2 tahun usahakan hindari pemberian ramuan ini.
   
Mengkonsumsi Sup hangat
Ketika anda merasakan sakit pada tenggorokan, dan sulit untuk menelan, anda bisa mensiasatinya makan dengan menggunakan sup panas. Selain bermanfaat untuk membantu anda supaya dapat menelan makan sup panas yang agak asin juga bermanfaat untuk mengobati radang tenggorokan.
   
Minum jus lemon hambar (tidak ada tambahan gula sidikitpun)
Masukan air perasan ½ buah lemon (2 sendok makan air perasan lemon) dengan segelas air yang masih hangat dan jangan tambhkan gula sedikitpun, gunakan ramuan ini sehari minimal 2 kali, minum ramuan ini sebelum anda makan.