Khasiat Wortel Sesungguhnya

Wortel ialah salah satu jenis sayuran yang sangat baik untuk dikonsumsi sehari-hari, pasalnya banyaknya kandungan Vitamin A yang terdapat dalam wortel dapat membantu tubuh agar tetap sehat setiap waktu dan saat.

Selain bermanfaat untuk kesehatan, ternyata wortel juga bermanfaat untuk kecantikan loo. Ya sayuran yang memiliki julukan latin Daucus carota ini memang banyak digunakan untuk perawatan kecantikan tubuh.

Ciri sayuran wortel ialah panjang lonjong dengan warna jingga baik kulit maupun dalamnya, wortel juga termasuk kedalam kategori tumbuhan adas (seperti halnya seledri). Sayuran ini baik dikonsumsi dalam keadaan matang (dimasak) ataupun masih mentah.

Jika matang biasanya wortel dibuat untuk sup, lumpia dll. Namun jika mentah biasanya seseorang mengkonsumsinya dengan cara dibuat jus, jus ini nantinya bermanfaat baik untuk anda yang memiliki masalah gangguan penyakit mata.

Nah sebelum kita masuk keinti artikel yaitu manfaat wortel untuk kesehatan, tak ada salahnya jika kita juga mengetahui apa sajakah kandungan yang membuat sayuran ini bermanfaat untuk tubuh, adapun kandungan yang terdapat pada wortel adalah sebagai berikut:

Daftar kandungan gizi dibawah ini terdapat dalam 100 gram sayuran wortel:

    37 mg kandungan fosfor
    1,2 Gram kandungan protein
    9,3 gram kandungan Karbohidrat
    39 mg kandungan kalium
    Energi dalam 100 Grm wortel mencapai 42 kal
    Kandungan Air sebanyak 88,2 gram
    Lemak mencapai 0,3 Gram
    Mengandung banyak Vitamin yaitu, A, B1, C
    Serat sekitar 0,9 gram
    Zat Besi sekitar 0,8 mg

Adapun manfaat wortel untuk kesehatan dapat dilihat dibawah ini:

Wortel untuk Kesehatan Mata
Salah satu kandungan vitamin yang terdapat pada sayuran Wortel adalah vitamin A. Nah seperti yang kita tahu bahwa vitamin ini sangat baik untuk kesehatan mata, bagi anda yang memiliki gejala katarak tak ada salahnya mengkonsumsi jus wortel setiap harinya. Dan bagi anda yang sering mengalami pusing karena diakibatkan oleh mata minus, minum jus wortel dapat menghilangkan rasa pusing itu.
   
Menjaga Daya Tahan Tubuh
Banyaknya Kandungan yang terdapat dalam sayuran wortel juga dapat anda manfaatkan untuk menjaga dan meningkatkan imun tubuh (daya tahan tubuh), selain itu wortel juga bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan peeradangan dan luka.
   
Wortel untuk menurunkan Kadar Kolesterol
Dengan mengkonsumsi setidaknya 200gram wortel yang masih mentah secara rutin setiap har,i kurang lebih hingga 3-4 minggu, terbukti dapat menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh seseorang hingga 11%. Hal ini didasari oleh adanya kandungan senyawa calcium pectate berjenis seperti serat larut dalam wortel.
   
Wortel mampu membuat sehat kulit
Secara tidak sadar, orang yang sering mengkonsumsi wortel dapat membuat kulitnya tampak lebih sehat, sehingga tidak kering dan kusam lagi.
   
Wortel untuk Anti Kanker alami
Menurut salah satu hasil penelitian dari pakar Marilyn Menkes, yang dilakukan di Amerika serikat (New York), bahwa seseorang yang memiliki kadar betakaroten rendah dalam tubuhnya sangat rentan terserang oleh penyakit kanker patu-paru. Sehingga beliau menganjurkan bagi seseorang yang memiliki betakaroten rendah untuk memperbanyak konsumsi wortel setiap harinya. Hal ini didukung oleh kandungan betakaroten yang banyak dalam wortel.
   
Dapat Mengatasi Sembelit
Banyaknya kandungan serat yang ada dalam wortel dapat membantu anda mengatasi susah BAB, atau sembelit hingga 25 persen. Nah bagi anda yang mengalami susah buang air besar, anda dapat mengkonsumsi wortel untuk solusi amannya.

Banyak bukan manfaat wortel untuk kesehatan, nah bagi anda yang menginginkan hidup sehat, wortel bisa anda masukan kedalam salah satu menu makan wajib setiap hari. Pilihlah wortel yang masih segar dan bebas dari obat kimia.