Kebiasaan-Kebiasaan sehat selama puasa

Biasanya banyak orang berharap berat badannya akan turun selama puasa. Namun kenyataannya justru sebaliknya, penurunan berat badan semakin sulit dilakukan karena ketika berpuasa metabolisme tubuh semakin lambat.

Lalu bagaimana agar bisa menjalankan puasa ramadhan sehat dan bugar ? Berikut adalah beberapa kebiasaan yang harus Anda terapkan selama Ramadan agar tetap sehat dan bugar, seperti dilansir oleh The Eco Muslim (02/08/12).

1. Mengkonsumsi makanan sehat saat berbuka
Sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang tak sehat seperti junk food atau makanan cepat saji ketika berpuasa. Karena hanya hanya akan menyebabkan masalah dibanding memberikan manfaat. Makanan tinggi kalori hanya akan membuat Anda menjadi lebih lapar dan haus di malam hari. Untuk itu, pastikan selalu mengonsumsi makanan yang sehat saat berbuka.

2. Mengkontrol porsi makanan
Bukankah Ramadan berkaitan dengan mengontrol hawa nafsu? Maka jangan biarkan Anda 'kalap' ketika waktu berbuka telah tiba. Tetap jaga dan batasi porsi makanan Anda, baik ketika berbuka maupun sahur. Selain untuk menjaga berat badan, ini juga dilakukan agar Anda tetap bugar dan tak terlalu kekenyangan setelah berbuka.

3. Mengkonsumsi air yang cukup
Berpuasa membuat orang mudah mengalami dehidrasi. Untuk itu jangan lupa untuk mengonsumsi air yang cukup atau buah-buahan sehat yang mengandung banyak air. Dehidrasi bisa mengganggu puasa Anda karena ketika dehidrasi Anda bisa mengalami rasa pusing, sakit kepala, kram, dan lainnya.

4. Tetap rajin olahraga
Meski berpuasa, jangan bermalas-malasan untuk berolahraga. Tentu saja Anda tak perlu sampai berolahraga berat dan memaksa diri Anda sendiri, namun bergerak dengan aktif masih perlu untuk menjaga kebugaran. Anda bisa menambah jam olahraga sebelum sahur atau setelah berbuka.

5. Jangan melewatkan sahur
Sama hal dengan sarapan yang sangat penting, sahur juga sangat penting ketika Anda berpuasa. Makan sahur akan memberikan Anda energi untuk beraktivitas. Selain itu, pastikan menu sahur Anda bergizi dan bernutrisi.

Itulah 5 kebiasaan sehat yang bisa Anda praktikan selama bulan Ramadhan. Dengan melakukan kebiasaan di atas, puasa akan tetap lancar dan tubuh Anda juga tetap sehat bugar dan bersemangat.