Tips Membuat Jus Kulit Manggis

Manggis,,, bicara soal manfaat buah yang satu ini memang tidak akan ada habisnya, manggis memiliki segudang manfaat dan khasiat yang baik sekali untuk kesehatan tubuh, dimulai dari buahnya Buahnya, daun manggis, kulit manggis, bahkan sekarang ini kulit manggis tak hanya dimanfaatkan untuk direbus saja, melainkan untuk dibuat menjadi jus kesehatan tubuh.

Buah Manggis terkenal dengan nama latinnya yaitu Garcinia Mangostana, manggis merupakan salah satu buah kepulauan nusantara asli, buah ini juga memiliki sebutan sebagai ratunya buah, karena rajanya terletak pada buah durian.

Salah satu vitamin yang paling baik dari buah manggis adalah Vitamin C nya. Ya, manggis merupakan salah satu buah dengan kandungan vitamin C yang sangat banyak. Vitamin C dari manggis berfungsi sebagai antioksidan alami dan anti inflantasi tubuh alami.

Nah seperti yang sudah saya singgung diawal artikel, tak hanya buahnya, namun kulit manggis juga memiliki manfaat yang tak kalah pentingnya, untuk mengetahui manfaat lengkap kulit manggis anda dapat membacanya di artikel INFO KESEHATAN : Khasiat kulit manggis untuk kesehatan, dan untuk mengetahui manfaat dari jus kulit manggis anda juga dapat membacanya di : manfaat juskulit manggis untuk mengobati penyakit dan kesehatan tubuh.

Jus kulit manggis sering orang sebut sebagai Xanthone, nama ini mungkin diambil dari salah satu senyawa kulit manggis yang paling baik untuk kesehatan yaitu senyawa Xanthone. Sekarang ini jus kulit manggis dapat anda nikmati dengan mudah, karena banyaknya produk yang dijual dipasaran dengan bahan utama kulit manggis.

Tetapi kalau saya boleh menyarankan pilih produk yang sudah terekomendasi oleh dokter dan BPOM, sehingga tidak menimbulkan effect samping dikemudian hari, Nah selain membeli produk jus kulit manggis yang sudah jadi anda juga dapat membuat sendiri, cara ini lebih higenis dan sehat tentunya, karena anda tau bahan utama dan bahan bahan pencampur lainnya.

Adapun cara membuat jus kulit manggis adalah sebagai berikut:

A. Persiapan peralatan untuk membuat jus dan bahan utamanya:

Kulit manggis 3-5 buah, boleh ditambah sesuai kebutuhan
Air yang sudah dimasak (air gallon) secukupnya.
Bagi anda yang tidak senang dengan rasa pahit dari kulit manggis, anda dapat menambahkan madu murni, sebagai pemanisnya, jika tidak ada madu murni gunakan gula aren.
Penghancur kulit manggis (Blender).

B. Cara pembuatan jus kulit manggisnya:

Cuci kulit manggis yang sudah kita siapkan tadi, hingga benar benar bersih
Ambil kulit manggis yang bagian merahnya saja, hitamnya dibuang jangan diiukutkan (Kerok kulit manggis)
Blender kulit manggis dengan ditambahkan air secukupnya atau sekitar 1 gelas air matang.
Untuk yang tidak suka pahitnya anda bisa menambahkan madu secukupnya, jika tidak suka madu gunakan gula aren untuk mengurtangi rasa pahit.
Blender sampai kulit manggis halus (lembut tidak ada brenjolan)
Ambil jus dan masukan kedalam gelas.

C. Cara pakai jus kulit manggis dan sedikit info efek samping pemakaian :
Sebelum minum jus usahakan anda makan terlebih dahulu agar lebih meresap manfaat jusnya.
Effect samping dari minum jus kulit manggis adalah permualaan minum biasanya akan terjadi gejala mual, namun jika terbiasa mual akan hilang.