Tips Ampuh Mencegah Keputihan

Hampir semua wanita dewasa pernah mengalami yang namanya keputihan. Kaum wanita biasanya berusaha sekuat tenaga untuk tidak kena penyakit keputihan, karena keputihan bisa berpengaruh terhadap keharmonisan rumah tangga. Jadi jangan meremehkan keputihan.

Pengertian keputihan secara umum adalah keluarnya cairan keputihan dari alat kelamin wanita. Cairan keputihan yang normal tidak berbau dan berwarna susu jelas atau pucat. Biasanya wanita yang mengalami keputihan mengalami gejala seperti merasa lemah dan lelah, rasa sakit di daerah pinggang dan betis dan menyeret di perut. Gejala lainnya adalah sembelit, sering sakit kepala, dan rasa gatal. Dalam bentuk kronis, penderita lebih sering merasa tersinggung dan muncul kantong hitam di bawah mata.

Jika keputihan tidak normal maka keluar cairan yang menunjukkan iritasi, peradangan dan warna debit kehijauan, kekuningan atau bahkan kecoklatan dengan tebal atau kental dan memiliki bau busuk. Jika mengalami hal ini ada baiknya anda segera ke dokter karena salah satu penyebabnya adalah kondisi memerlukan perhatian medis.

Nah tips berikut dapat mengurangi kemungkinan terjadinya keputihan :

1. Lakukan kebiasaan makan yang benar, tidur yang tepat, olahraga di udara segar dan sinar matahari.

2. Diet dapat terdiri dari buah-buahan dan susu. Penderita kemudian bisa secara bertahap memulai pada diet seimbang yang terdiri dari kelompok makanan dasar yaitu kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan dan sayuran. Jus buah segar harus diambil antara waktu makan.

3. Menghindari semua bentuk tepung putih, gula putih, makanan yang digoreng dan berminyak, bumbu, diawetkan, teh dan kopi.

Demikian informasi ini semoga bermanfaat terutama bagi wanita yang sering mengalami penyakit keputihan ini.