8 Tips Mudah Mengobati Darah Tinggi Secara Alami

Ada sebuah kalimat (pepatah) yang mengatakan bahwa kita Lebih baik mencegah ketimbang mengobati. Mungkin pepatah ini juga berlaku untuk semua jenis penyakit tak hanya darah tinggi saja.

Namun bagaimana jika kita sudah terlanjur mengidap darah tinggi??? Lalu langkah apa yang harus kita lakukan?? Dan bagaimana cara mengatasi hipertensi ini????.

Memang sudah tidak ada cara lain lagi untuk mengulur-ulur proses pengobatan penyakit hipertensi/tekanan darah tinggi, jika tidak ingin terserang oleh penyakit baru yang bisa saja menyerang saat darah tinggi kita melonjak. Atau dengan kata lain kita harus secepatnya mengobati penyakit hipertensi.

Solusi alami yang paling baik untuk Mengobati darah tinggi, dapat anda lihat dibawah ini:

Memperbanyak konsumsi buah
Adapun langkah pertama yang bisa anda coba adalah dengan memperbanyak konsumsi buah-buahan yang kaya akan kandungan serat. Nah buah yang banyak mengandung serta dan baik untuk menurunkan hipertensi seperti jeruk, buah timun, Buah Kiwi, Strawberry, anggur, Melon Kantalop, pisang, apel , buah beri, tomat dan masih banyak buah lainnya yang baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Memperbanyak konsumsi Sayuran hijau
Sayuran hijau ternyata juga sangat baik untuk membantu anda memulihkan tekanan darah tinggi (darah akan kembali stabil) adapun sayuran hijau yang baik untuk penderita hipertensi adalah sebagai berikut: Buncis, brokoli,dan tak ketinggalan kacang panjang. Ketiga sayuran ini kalau bisa anda masukan kedalam menu harian rutin, supaya hipertensi cepat menurun.

Diet Hipertensi
Diet disini bukan seperti diet umumnya namun diet hipertensi adalah dengan mengurangi sedikit demi sedikit sayur yang menggunakan garam, kalau bisa malah sayur yang anda konsumsi tidak usah diberi garam. Tak hanya garam dapur saja yang harus dihindari, usahakan anda juga menghindari makanan yang mengandung sodium tinggi, dan saus.
   
Teknik Relaksasi
Anda dapat sesekali mengikuti program rileksasi seperti yoga, dan sistem meditasi. Teknik relaksasi ini dapat memberikan ketenangan fikiran, sehingga tekanan darah anda dapat terjaga secara normal. Untuk hasil yang maksimal pilih relaksasi pijat (terapi pijat sehingga badan akan lebih tenang dan enak) jika badan terasa enak tentunya fikiran juga dapat terkontrol.

Olahraga secara rutin
Usahakan anda meluangkan waktu paling tidak 30 menit dalam sehari, entah itu pagi hari ataupun sore hari, anda dapat melakukan olahraga rutin seperti joging, yoga, bersepeda, dan olahraga santai lainnya.
   
Konsumsi potasium
Salah satu manfaat potassium adalah dapat membantu anda untuk menurunkan tekanan darah. Asupan yang direkomendasikan perhari untuk orang dewasa adalah 3.510 Mg potasium. Nah untuk  menambah potassium melalui makanan anda dapat mengkonsumsi kacang polong. Didalam 100 gram kacang polong mengandung potassium sebanyak 1.300 Mg, makanan lain yang baik adalah papaya, bayam pisang, kurma dan  kol.

Herbal
Salah satu herbal yang paling baik untuk menurunkan darah tinggi adalah kunyit, Ginkgo biloba, serta teh hijau.

Teknik Penggabungan Bahan
Berikut ini adalah sedikit tips tentang resep sehat menurunkan darah tinggi dengan sari buah yang bisa anda coba.Kombinasi antara buah mentimun dengan labu siam, jus kedua bahan dan saring untuk diambil airnya saja. (Masing-masing buah seberat 200 gram). Minum secara teratur.
Siapkan bahan seperti bawang putih 2 siung, wortel dengan berat 250 gram, dan seledri sebanyak 50 gram, jus semua bahan dan ambil airnya saja. kemudian minulah air jus ini.